[Kejuruan] – DKV

DKV adalah singkatan dari Desain Komunikasi Visual.

DESAIN KOMUNIKASI VISUAL (DKV)

Deskripsi :

Program Keahlian Desain Komunikasi Visual pada SMK NEGERI 1 GAMBUT bertujuan untuk mencetak peserta didik yang unggul dalam bidang desain komunikasi visual. Dengan fokus pada industri kreatif, program ini mencakup berbagai keahlian seperti desain grafis periklanan, ilustrasi (baik cetak maupun digital), fotografi, videografi, hingga content creation. Program ini memiliki satu konsentrasi keahlian utama, yaitu Desain Komunikasi Visual.

Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) membekali siswa dengan keahlian di berbagai bidang industri kreatif, mencakup desain grafis periklanan, ilustrasi (cetak dan digital), fotografi, videografi, animasi dasar, produksi media keratif (kemasan), penguasaan prinsip desain (memahami elemen-elemen visual seperti warna, tipografi, dan tata letak untuk menghasilkan karya yang estetis dan fungsional)

Visi Program Keahlian Teknik Desain Komunikasi Visual :

“Menghasilkan lulusan DKV yang BERBAKTI (Beriman, Ramah, Berbudaya, Adaptif, Kreatif, Terampil, dan Inovatif) dengan kompetensi unggul di bidang industri kreatif, siap bersaing di era global, serta berkontribusi pada pembangunan berbasis budaya lokal dan berwawasan lingkungan.”

Indikator Visi :

  1. Menghasilkan peserta didik DKV yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Menghasilkan peserta didik DKV yang ramah, peduli sosial, dan mampu menjalin komunikasi yang efektif.
  3. Menghasilkan peserta didik DKV yang berbudaya sehat, menghargai budaya lokal, serta memiliki wawasan lingkungan.
  4. Menghasilkan peserta didik DKV yang kreatif, adaptif terhadap perkembangan teknologi, serta inovatif dalam menciptakan karya desain.
  5. Menghasilkan peserta didik DKV yang terampil di bidang desain komunikasi visual dan mampu bersaing di dunia kerja serta industri kreatif.

Misi Program Keahlian Desain Komunikasi Visual (DKV) :

  1. Melaksanakan pendidikan berbasis iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Mengembangkan pembelajaran DKV yang ramah, berbudaya lokal, dan peduli lingkungan.
  3. Melaksanakan pembelajaran berbasis proyek dan Teaching Factory untuk menciptakan karya desain yang inovatif.
  4. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran DKV guna menghadapi tantangan global.
  5. Meningkatkan keterampilan siswa melalui kolaborasi dengan dunia usaha dan dunia industri (IDUKA).
  6. Melatih peserta didik menjadi kreatif, inovatif, dan memiliki jiwa technopreneur di bidang desain komunikasi visual.
  7. Memfasilitasi pengembangan kompetensi guru dan sarana prasarana sesuai kebutuhan industri kreatif.
  8. Menyelenggarakan kegiatan yang mendukung kecakapan soft skills dan hard skills peserta didik.

Tujuan Program Keahlian Desain Komunikasi Visual (DKV) :

  1. Membentuk peserta didik yang beriman, bertakwa, dan memiliki akhlak mulia dalam berkarya di bidang desain komunikasi visual.
  2. Membekali peserta didik dengan keterampilan desain grafis, ilustrasi, fotografi, videografi, dan content creation sesuai kebutuhan industri
  3. Menghasilkan lulusan yang kompeten dan mampu bersaing di pasar kerja nasional maupun internasional.
  4. Mengembangkan kreativitas peserta didik dalam menghasilkan karya desain yang berdaya saing dan bernilai budaya lokal.
  5. Mewujudkan lulusan yang peduli terhadap lingkungan serta adaptif terhadap perkembangan teknologi dan tren desain.
  6. Menjalin kemitraan dengan IDUKA untuk mendukung penyelarasan kurikulum dan meningkatkan kompetensi siswa melalui magang dan uji kompetensi.Memberikan pengalaman belajar berbasis Teaching Factory untuk menciptakan lulusan yang siap kerja dan berjiwa wirausaha.

Dengan visi, misi, dan tujuan ini, Program Keahlian DKV di SMKN 1 Gambut diharapkan dapat mencetak lulusan yang tidak hanya unggul di bidangnya, tetapi juga memiliki karakter BERBAKTI sesuai dengan nilai-nilai yang diusung sekolah.

STANDAR OPRASIONAL PROSEDURE (SOP)

LABORATORIUM DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SMK NEGERI 1 GAMBUTTAHUN PELAJARAN 2024/2025

LATAR BELAKANG :

Pembelajaran mata pelajaran produktif pada jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) di SMK Negeri 1 Gambut mengintegrasikan teori dan praktik untuk membekali siswa dengan keterampilan yang relevan dengan dunia industri. Setiap materi produktif sebaiknya disampaikan melalui pendekatan yang aplikatif, seperti praktik langsung atau demonstrasi, agar siswa dapat memahami konsep dengan lebih mendalam. Untuk memastikan proses praktikum berjalan optimal, diperlukan dukungan sarana prasarana yang memadai serta tenaga pendamping yang berkompeten dalam membantu pelaksanaan kegiatan praktik. Hal ini bertujuan agar siswa siap menghadapi tantangan di dunia kerja yang sesungguhnya.

TUJUAN :

Standar operasional prosedur (SOP) laboratorium DKV disusun untuk mendukung pengelolaan laboratorium secara efektif dan efisien, sehingga pemanfaatan laboratorium komputer beserta seluruh sumber daya yang tersedia dapat dioptimalkan. Ruang lingkup pengelolaan ini mencakup berbagai aspek penting, seperti aturan pelaksanaan praktikum, prosedur penggunaan peralatan laboratorium, pendataan inventaris peralatan, serta pengelolaan administrasi peminjaman alat. Dengan adanya SOP ini, diharapkan semua kegiatan di laboratorium dapat berjalan tertib, terorganisir, dan sesuai dengan tujuan pembelajaran.

FUNGSI DAN STRUKTUR

Penyusunan standar operasional prosedur (SOP) laboratorium DKV bertujuan untuk mendukung kelancaran dalam mengelola laboratorium, sehingga pemanfaatan laboratorium komputer beserta seluruh sumber dayanya dapat dioptimalkan. Ruang lingkup pengelolaan ini mencakup berbagai kegiatan penting, seperti penyusunan tata tertib praktikum, pedoman penggunaan peralatan laboratorium, pendataan inventaris peralatan, serta pengelolaan administrasi peminjaman alat. Dengan adanya SOP ini, pengelolaan laboratorium dapat berjalan lebih teratur dan efektif.

A. FUNGSI :

Laboratorium komputer memiliki peran utama sebagai fasilitas pendukung kegiatan praktik dan penerapan teori di jurusan DKV SMK Negeri 1 Gambut. Keberadaan laboratorium ini menjadi elemen penting dalam menunjang proses pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan. Secara spesifik, laboratorium komputer berfungsi sebagai pusat praktik, tempat latihan, serta sumber belajar yang dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa untuk mencapai tujuan pendidikan yang lebih optimal.

B. STRUKTUR

TATA TERTIB PRAKTIKUM :

A. PENGGUNA LABORATORlUM TlDAK DlPERBOLEHKAN

  • Masuk Ruangan Laboratorium Bila Tidak Seizin /Sepengetahuan petugas/pembimbing.
  • Memindahkan/mengambil peralatan computer dengan alaan apapunMembuka casing alasan apapun dan tidak mencoba untuk memperbaiki sendiri perangkat computer dan peralatannya. lika terjadi kerusakan, silahkan melapor pada petugas lab.
  • Siswa dilarang membuat keributan / gaduh atau bermain — main selama di ruang lab. DKV.
  • Siswa dilarang merubah atau menghapus program — program yang ada di computer tanpa seijin guru / petugasMembawa makanan/minuman ke dalam ruang lab DKV
  • Siswa dilarang melakukan corat-coret di meja/komputer/tembokMerorok di dalam ruang lab DKV
  • Membuang sampah di sembarang tempat

B. WAllB DlTAATl/DlLAKSANAKAN BAGl PENGGUNA LABORATORlUM DKV

  • Mentaati tata tertib dan ketentuan yang berlak
  • Menghidupkan dan mematikan computer dengan prosedur yang benar
  • Merapikan dan menata kembali peralatan komputer, meja, kursi dan sebagainya setelah digunakan
  • Menjaga dan bertanggung jawab atas kebersihan, kerusakan, kehilangan alat- alat lab DKV
  • Pada saat pelajaran semua siswa wajib mentaai tata teretib sekolah (kegiatan dengan pakaian seragam sekolah rapi)

C. PENGGUANAAN LABORATORIUM DI LUAR JAM YANG DITENTUKAN

  • Harus ada ijin dari Kepala Sekolah atau petugas
  • Mentaati tata tertib sebagaimana tercantum diatas
  • Penggunaan printer diluar ketentuan harus ada ijin dari petugas.

FLOWCHAT SISTEM PENGGUNAAN LABORATORIUM DKV

TATA CARA PENGGUNAAN ALAT-ALAT LABORATORIUM DKV

    PROSEDUR PENGGUNAAN PC

    • Hidupkan stavol atau UPS yang menghubungkan listrik dari sumber listrik ke PC (jika belum hidup)
    • Setelah itu tekan tombol power pada CPU
    • Tekan tombol power pada monitor jika belum hidup
    • Setelah selesai, matikan lalu rapikan meja dan kursi